Mengurus SIM yang hilang memang mudah, namun tidak semua orang tahu. SIM bisa hilang dikarenakan kecopetan, dompet jatuh dan hilang, atau lupa menaruh SIM. Melalui tulisan ini diharapkan dapat membantu Anda yang sedang mencari cara mengurus SIM hilang. Padahal mengingat kebutuhan dan kepentingan SIM dalam kehidupan sehari-hari merupakan salah satu dokumen wajib. Tanpa berlama-lama lagi, berikut ini cara mengurus nya:

1. Membuat Surat Keterangan Kehilangan

Anda harus datang ke kantor polisi untuk mengurus surat keterangan kehilangan. Surat keterangan kehilangan ini memiliki fungsi sebagai bukti bahwa Anda benar-benar memiliki SIM dan sedang kehilangannya. Saat mendatangi kantor polisi, sebaiknya Anda membawa fotokopi SIM hilang atau nomor SIM.

2. Ke Satpas

Setelah mendapatkan Surat Keterangan Kehilangan dari kepolisian Anda harus datang ke Satpas SIM. Dokumen yang wajib Anda bawa yaitu KTP dan fotokopi KTP, Surat Keterangan Kehilangan dari Polisi dan fotokopi SIM lama jika ada. Kemudian ambil formulir pendaftaran dan isi dengan lengkap. Formulir dan juga dokumen persyaratan ini dikumpulkan kepada petugas.

3. Foto dan Sidik Jari

Petugas akan meminta Anda melakukan verifikasi data SIM lama. Setelah semua beres. Petugas akan mengambil foto Anda, sidik jari dan tanda tangan untuk SIM baru. Pada tahap ini petugas akan kembali memastikan data Anda, apakah benar-benar sudah sesuai atau belum.

4. Pencetakan SIM

Tahap terakhir dari mengurus SIM hilang yang terakhir yaitu menunggu proses pencetakan SIM. Ika proses sudah selesai, petugas akan memberi Anda SIM baru yang telah selesai dicetak. Mudah bukan proses mengurus SIM. Jadi buat Anda yang kehilangan SIM, jangan panik ya! Dan apabila sudah mendapatkan SIM baru, dijagan baik-baik jangan sampai hilang kembali. Dan untuk berjaga-jaga, sebaiknya memfotokopi SIM baru Anda.

Biaya yang dikeluarkan untuk pengurusan SIM baru yang disebabkan karena kehilangan tidak terlalu mahal kok. Untuk SIM A hanya sekitar 130 ribu rupiah, dan untuk SIM B sekitar 125 ribu rupiah. Semoga tulisan ini membantu ya!

Post a Comment

Previous Post Next Post