4 Cara Memasarkan Produk ke Pasar Luar Negeri

Memproduksi suatu produk dan dijadikan sebuah bisnis dengan peluang yang baik memang mendatangkan banyak tantangan. Salah satunya kemampuan dalam mengembangkan bisnis tersebut secara lebih luas, mengenalkan produk ke pasar internasional. Selain mencari jasa ekspor barang dengan layanan yang mampu memenuhi kebutuhan pemasaran, Anda bisa melakukan berbagai cara sederhana untuk bisa memasarkan produk-produk milik Anda ke luar negeri. 

Memasarkan Produk ke Pasar Luar Negeri 

Berkat perkembangan teknologi, kini segala bentuk bisnis, baik berskala kecil, maupun besar bisa mencapai pasar internasional. Termasuk jika bisnis Anda masih kecil-kecilan, dikerjakan di rumah, dan tergolong baru. Ini dia beberapa cara dalam memasarkan produk untuk sampai ke pasar luar negeri.

1. Siapkan Modal yang Cukup 

Bagaimanapun, membangun bisnis dan usaha membutuhkan sejumlah modal. Termasuk modal untuk memasarkan produk tersebut atau biaya marketing. Modal tidak perlu memaksakan dalam jumlah besar, Anda bisa menyiapkan besar modal yang dinilai cukup dan disesuaikan dengan skala bisnis Anda.

Harus dipahami, semua bisnis berhak sukses dan memiliki peluang yang sama untuk bisa terjun ke pasar internasional. Fokus menyiapkan modal awal, lalu atur penggunaan modal tersebut seefektif mungkin. 

2. Sesuaikan Jenis Produk dengan Peraturan Ekspor Barang ke Luar Negeri 

Setiap negara memiliki peraturan sendiri terhadap produk dan barang yang masuk ke dalam negara mereka. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan berisiko mendatangkan kerugian, sesuaikan jenis produk yang dijual dengan peraturan negara tujuan.

Lebih praktisnya, gunakan jasa ekspor barang untuk bantu urus masalah pengiriman produk ke luar negeri dengan lebih cepat dan sesuai peraturan yang berlaku. Biasanya pihak penyedia jasa sudah berpengalam mengurus segala macam barang untuk dikirim ke luar negeri. 

3. Manfaatkan Media Sosial untuk Mengenalkan Produk 

Bagaimana cara memasarkan di tahap paling awal? Anda bisa memanfaatkan keberadaan media sosial yang kini menjadi bagian dari kehidupan sebagian orang di dunia ini. Rancang pemasaran melalui media sosial dengan rancangan sesuai standar internasional. 

Misalnya mengatur katalog produk yang seperti katalog produk luar negeri. Jangan lupa gunakan bahasa Inggris di setiap keterangan produknya. Anda bahkan bisa memasang harga dengan mata uang dollar untuk mempermudah. 

4. Sediakan Layanan Pembayaran yang Mendukung 

Bukan hanya strategi pemasaran, atau pun sistem distribusi produknya saja, Anda pun harus berpikir tentang layanan pembayaran yang dirasa mendukung pasar internasional. Anda bisa memanfaatkan layanan pembayaran global untuk mempermudah. Sebab jika pihak pembeli di luar negeri melakukan pembayaran langsung ke rekening bank di Indonesia, akan ada potongan yang terhitung mahal.

Pilih jasa ekspor barang dengan layanan yang terjamin untuk menjamin produk milik Anda sampai ke negara yang dituju tanpa masalah. Bisnis Anda pun memiliki peluang berkembang lebih besar lagi.

Post a Comment

Previous Post Next Post