Foto : Canva.com Pro

Sudahkah kamu mengenal istilah dewatering? Sebagian besar dari kamu yang mungkin sedang atau pernah terjun ke dunia pertambangan, mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah yang satu ini. Jika belum paham mengenai dewatering, mari kita bahas bersama-sama terlebih dahulu dari pengertiannya.

Dewatering adalah istilah yang digunakan untuk proses pengeluaran air tanah atau pemantauan debit air tanah yang terdapat pada tanah dari lokasi pada struktur bangunan. Dalam praktiknya, biasanya proses dewatering tersebut dilakukan dengan pemantauan lalu dilakukan pemompaan air. Proses pemantauan tersebut dilakukan sebelum penggalian pada tanah untuk dilakukan memompa air di dalam tanah, agar dapat mengurangi masalah dalam penggalian. Dewatering pada dasarnya juga dapat disimpulkan sebagai proses pemantuan dan mengendalikan air dalam tanah agar kering dan tidak menumpuk.

Nah, biasanya jasa dewatering konstruksi ini dibutuhkan oleh gedung-gedung yang memiliki basement yang cukup dalam atau bahkan industri pertambangan yang ingin mengekstraksi emas dengan cepat.

Selain itu, ada beberapa metode dewatering yang perlu kamu ketahui:

1. Metode predrainage

Metode ini merupakan metode yang menurunkan muka air lebih dahulu sebelum dilakukan penggalian. Metode predrainage merupakan metode yang cocok digunakan apabila karakteristik dari tanah lepas, cadas lunak serta memiliki banyak cela dan tanah berbutir. Lalu, metode ini biasanya dipakai di area yang memiliki saluran pembuangan air.

2. Metode pumping

Metode ini sering digunakan pada tanah yang memiliki karakteristik padat, berkohesi, bergradasi baik, sumur.

Untuk melakukan metode pumping tidak memerlukan waktu yang lama dan tidak memerlukan pengeboran. Pasalnya, pekerjaan pipa hanya perlu dilakukan di lubang penampungan air saja.

3. Metode cut off

Metode ini merupakan metode yang dilakukan dengan cara pemotongan aliran air tanah dengan membuat dinding pembatas agar lokasi konstruksi bisa terbebas dari air tanah. Metode cut off biasa dipakai apabila proyek bersebelahan dengan gedung yang sensitif pada penurunan tanah.

Sewatama hadir sebagai perusahaan yang memberikan jasa dewatering tambang yang berkualitas dengan harga yang terjangkau. Untuk kondisi aliran tanah yang bagus, sebaiknya kamu segera menghubungi Sewatama sekarang juga.

Post a Comment

Previous Post Next Post