Bagi penderita jantung koroner, penting baginya untuk selalu menerapkan pola hidup sehat. Jangan sampai harus menunggu gejala penyakit jantung koroner kumat. Kebiasaan hidup yang sehat dapat dilakukan dengan berolahraga serta konsumsi makanan yang bergizi.

Oleh sebab itu, pemilihan makanan serta cara pengolahan yang tepat harus dilakukan untuk mencegah kambuhnya penyakit ini. Berikut akan diulas makanan sehat penderita jantung koroner yang aman dikonsumsi.

Jenis Makanan Untuk Penderita Jantung Koroner

1. Salmon Dan Tuna

Bahan ini menjadi makanan yang baik untuk membantu kinerja jantung. Hal ini dikarenakan dalam ikan salmon dan tuna memiliki kandungan omega 3 yang dapat membantu mengurangi peradangan, tak terkecuali pada pembuluh darah di sekitar jantung. Selain itu, ada pula manfaat lain dari omega 3 dalam ikan tersebut adalah untuk mengurangi trigliserida dan menurunkan tekanan darah.

Tak hanya itu, ternyata kandungan nutrisi tersebut juga berperan dalam proses pembekuan darah serta mampu menormalkan detak jantung yang tidak teratur. Dengan mengkonsumsi ikan tuna dan salmon sebanyak 150 gram, akan menciutkan resiko terkena henti jantung mendadak. Namun, yang harus diketahui mengkonsumsi ikan salmon dan tuna yang dikembangkan di tambak lebih baik dibandingkan yang berasal dari laut, karena biasanya tinggi merkuri.

2. Kedelai, Kacang Tanah, Edamame dan Kacang-Kacangan

Makanan sehat penderita jantung koroner selanjutnya ialah yang mengandung banyak protein. Selain dari sumber hewani, protein nabati juga diperlukan untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Konsumsi protein dari sumber tumbuhan dapat diperoleh dari kedelai, kacang tanah, edamame serta kelompok kacang-kacangan lainnya. Atau dapat juga dengan mengkonsumsi produk olahan dari kedelai, seperti temped an tahu.

Selain sebagai sumber protein nabati, kacang kedelai juga mengandung antioksidan isoflavon yang berperan dalam menurunkan resiko penyakit jantung pada wanita setelah menopause. Selain pada kedelai, ternyata antioksidan tersebut juga dapat ditemukan pada kacang tanah dan edamame. Sehingga, sudah pasti bahwa bahan makanan tersebut aman untuk dikonsumsi oleh penderita kardiovaskuler.

Adapun dari jenis kacang-kacangan lainnya yang aman bagi pasien jantung, yaitu almond dan kenari. Dimana, kedua jenis kacang tersebut kaya akan kandungan nutrisi seperti lemak tak jenuh, omega 3, serat, vitamin E, stenol dan L-arginin. Dilihat dari gizi yang dibawanya, kenari dan almond juga bisa menjaga kesehatan jantung dengan cara menurunkan kolesterol jahat, menghambat penumpukan plak, serta mengurangi peradangan pembuluh darah.

3. Oatmeal Dan Gandum Utuh

Selain yang telah disebutkan, oatmeal dan gandum utuh juga merupakan makanan sehat penderita jantung koroner. Hal ini dikarenakan dalam oatmeal kaya akan serat dan beta-glukan yang dapat membantu menurunkan serta mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh. Disamping mengandung serat, oatmeal dan gandum utuh juga memiliki senyawa anti radang dan antioksidan yang akan mencegah terbentuknya plak pada pembuluh arteri.

4. Sayuran Hijau

Jenis bahan makanan yang pasti dikatakan sehat adalah dari kelompok sayuran hijau. Hal ini dikarenakan dalam sayuran tersebut terkandung berbagai jenis nutrisi yang menyehatkan bagi tubuh, tak terkecuali organ pemompa darah. Bagi penderita kardiovaskuler, ada beberapa jenis sayuran yang paling baik untuk dikonsumsi, diantaranya adalah bayam, brokoli, sawi hijau, kangkung, pakcoy, dan asparagus.

Jenis sayuran hijau tersebut merupakan makanan sehat penderita jantung koroner karena kelompok bahan tersebut tinggi kandungan vitamin C. Selain itu, pada jenis sayuran tersebut juga kaya akan kandungan vitamin E, folat, Kalsium, kalium serta serta. Dimana, semua kandungan nutrisi tersebut berperan penting dalam membantu fungsi normal jantung.

Penderita penyakit kardiovaskuler memang sangat dianjurkan dalam menjaga pola makannya, karena apabila tidak dijaga akan memperburuk kondisi kesehatan jantung. Pilihan makanan tersebut dapat dijadikan referensi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang baik dalam menjaga kinerja organ jantung serta pembuluh darah agar berfungsi dengan baik.

Post a Comment

Previous Post Next Post