Mau-Beli-Gitar-Akustik?-Simak-Tips-Memilihnya-Berikut,-yuk!

Gitar akustik merupakan
alat musik petik yang terbuat dari kayu. Alat musik ini mengandalkan getaran senar padasadel dan jembatan pengikat senar ke bagian ruang suara untuk menghasilkan bunyi. Gitar jenis ini banyak dimiliki oleh pemula yang ingin belajar bermain musik maupun pencinta musik akustik. Jika Anda sedang mencari gitar akustik terbaik, berikut adalah beberapa tipsnya yang dirangkum dari situs Yowisband.

1. Tentukan Harga

Ketika Anda akan membeli gitar akustik, maka tips pertama yang perlu Anda perhatikan adalah menentukan harga gitar yang akan dibeli. Pasalnya, di pasaran ada begitu banyak jenis, model, dan merek gitar yang sesuai dengan apa yang sedang Anda cari. Akan tetapi, bukan berarti semua itu cocok dengan kebutuhan Anda. Menentukan harga barang yang hendak dibeli juga akan membantu Anda menyortir opsi yang ada. Oleh sebab itu, pertama-tama tentukan dulu batas bawah dan atas harga gitar akustik yang akan Anda beli.

2. Bahan Gitar

Tips kedua adalah menyortir bahan gitar. Material kayu yang digunakan pada bodi gitar memiliki pengaruh yang signifikan pada suara yang dihasilkan. Maka dari itu, sebaiknya Anda memilih gitar dengan material kayu spruce atau rosewood. Sebab, kedua bahan ini dapat menghasilkan suara akustik yang bagus serta volume yang cukup keras, jernih, dan natural.

3. Senar Gitar

Gitar akustik biasanya memakai dua jenis senar, yaitu nylon dan steel. Bagi Anda yang suka bermain musik klasik, sebaiknya pilih senar nylon. Sedangkan jika Anda lebih suka bermain gitar dengan banyak melodi, seperti musik blues atau rock, maka sebaiknya Anda memilih gitar dengan senar steel.

4. Bentuk Gitar

Sebelum membeli gitar akustik, pastikan memilih bentuk gitar yang benar-benar pas dan nyaman menurut Anda. Biasanya bentuk bodi gitar bisa disesuaikan dengan perawakan pemakaianya. Untuk mengetahui bentuk bodi seperti apa yang pas dengan Anda, Anda bisa mencoba memangku gitar saat hendak membelinya.

5. Fisik Gitar

Saat memilih gitar akustik, sebaiknya cek fisik gitar secara menyeluruh untuk memastikan tidak ada bagian yang lecet atau rusak. Periksa juga bagian leher gitar apakah lurus atau tidak. Biasanya, leher gitar yang bagus memiliki treshold yang diisi dengan batang besi agar tidak mudah melengkung.

Demikianlah ulasan tentang tips memilih gitar akustik. Dengan memperhatikan beberapa tips di atas, niscaya Anda bisa memperoleh gitar akustik paling baik dan cocok dengan kebutuhan Anda secara praktis dan tepat. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya.

Post a Comment

Previous Post Next Post