Tips-SehatQ,-Menjaga-Kesehatan-Anak-di-Masa-Pandemi

Anak masih bergantung kepada orang tua untuk menjaga kesehatannya. Anda sebagai orang tua pun bertanggung jawab penuh terhadap kondisi kesehatan buah hati Anda. Untungnya, ada cara mudah menjaga kesehatan si kecil. Dikutip dari laman www.sehatq.com, ada beberapa cara menjaga kesehatan anak, terutama di masa pandemi ini.

Seperti yang Anda tahu, virus corona menginfeksi semua orang dari berbagai rentang umur, mulai dari orang tua hingga bayi yang baru lahir. Karena itulah, Anda perlu memperhatikan kesehatan buah hati Anda agar tidak terinfeksi virus ini.

Menjaga Kesehatan Anak di Masa Pandemi

Berikut ini ada beberapa tips menjaga kesehatan buah hati yang bisa Anda terapkan.

1. Budayakan cuci tangan

Pertama, budayakan cuci tangan. Cuci tangan seringkali dianggap sepele. Padahal, tangan adalah sarang kuman meskipun terlihat bersih. Anda sebagai orang tua bisa membiasakan cuci tangan kepada si kecil. Ajarkan cuci tangan sebelum dan sesudah makan, setelah menyentuh binatang, setelah bermain, dan saat-saat tertentu lainnya.

Cuci tangan dengan sabun menjadi salah satu langkah preventif yang ampuh membunuh virus corona di masa pandemi ini. Partikel virus yang menempel di tangan bisa dibasmi dengan cuci tangan menggunakan sabun. Jika buah hati Anda sudah terbiasa cuci tangan, dia tidak akan kaget ketika memulai kebiasaan baru cuci tangan selama pandemi ini.

2. Ajarkan kebiasaan hidup sehat

Kedua, ajarkan kebiasaan hidup sehat. Dikutip dari laman www.sehatq.com, beberapa contoh kebiasaan hidup sehat yang bisa diajarkan kepada si kecil yaitu :

  • Tidak menyentuh area wajah dengan tangan yang kotor
  • Menjaga kebersihan tubuh
  • Tidak berbagi alat makan, sikat gigi, dan barang-barang pribadi lainnya
  • Menutup mulut dan hidung ketika bersin atau batuk menggunakan lengan bagian dalam.

3. Jaga imunitas tubuh anak

Ketiga, jaga imunitas tubuh si kecil. Anda sebagai orang tua bisa memberikan asupan vitamin yang cukup agar si kecil memiliki tentara pelindung yang kuat untuk menghadapi musuh yang kasat mata. Selain mencukupi kebutuhan nutrisinya, Anda juga perlu memastikan si kecil memiliki jam tidur yang cukup.

Sesekali, Anda juga bisa mengajak si kecil untuk berolahraga. Tidak perlu olahraga yang berat, Anda bisa mengajaknya bersepeda atau sekedar jalan-jalan di sekitar rumah.

4. Berikan asupan yang sehat dan bergizi

Keempat, berikan asupan yang sehat dan bergizi. Anda bisa memberikan buah dan sayur dalam jumlah banyak. Berikan buah dan sayur favorit si kecil. Agar dia tidak bosan, Anda bisa memberikan variasi menu atau menyajikannya dengan cara yang berbeda.

5. Lakukan pemeriksaan secara rutin

Kelima, lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin. Bukan hanya orang tua yang perlu melakukan check up kesehatan secara rutin, buah hati Anda juga perlu agar tumbuh kembangnya bisa lebih optimal. Untungnya kini, Anda tidak perlu pergi ke rumah sakit atau klinik untuk konsultasi dengan dokter.

Konsultasi dokter bisa Anda lakukan secara online melalui laman kesehatan digital di www.sehatq.com. Untuk lebih mudah, Anda bisa mengunduh dan memasang aplikasi ini di ponsel pintar Anda. Dengan demikian, Anda bisa melakukan konsultasi dengan dokter ahli kapanpun Anda mau. 

Selain fitur konsultasi dokter, aplikasi SehatQ juga memiliki banyak fitur lainnya, mulai dari artikel kesehatan yang valid dan terpercaya, membuat janji temu dengan dokter, bertanya di forum kesehatan, hingga memesan obat yang Anda butuhkan. Lengkap, bukan? Anda tidak perlu ke mana-mana. Cukup berada di rumah saja, Anda sudah bisa mendapatkan layanan kesehatan yang lengkap untuk seluruh keluarga melalui aplikasi ini.

Demikian pembahasan mengenai cara menjaga kesehatan anak di masa pandemi ini. Tetap jaga kesehatan. Patuhi protokol kesehatan yang ada. Sebisa mungkin, hindari bepergian dan berada di tempat umum jika tidak terlalu penting.

Post a Comment

Previous Post Next Post