Ketika Anda berhasil membeli smartphone impian seperti iPhone 11, Anda tentu ingin smartphone tersebut bisa tetap awet dan tidak mudah rusak terlebih rusak karena faktor penggunaan yang tidak tepat. Lagi pula sayang jika smartphone dibiarkan rusak begitu saja hanya karena tidak digunakan dengan benar. 

Agar smartphone Anda bisa tetap awet dan tampak seperti baru, berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan. 

1. Membersihkan bodi smartphone secara rutin

Membersihkan bodi smartphone Anda secara rutin merupakan salah satu cara agar Anda bisa tetap memiliki smartphone yang bekerja secara maksimal. Pembersihan bodi smartphone ini sebaiknya bisa Anda lakukan setiap hari, mengingat penggunaan smartphone yang Anda pegang sepanjang waktu sehingga memungkinkan banyaknya debu dan kotoran yang menempel di smartphone tersebut.

Selain bodi, Anda juga harus membersihkan detail-detail kecil pada smartphone, mulai dari layar, lensa kamera, port, jack, hingga tombol home jika Anda menggunakan smartphone iPhone 11. Bersihkanlah debu-debu yang menempel di pinggiran lubang jack atau port karena debu-debu yang menumpuk tersebut bisa menghambat kinerja komponen.

Sementara untuk bagian lensa kamera, Anda bisa menggunakan kain dengan tekstur yang lembut dan halus. Anda juga bisa menggunakan cotton bud untuk membersihkan bagian-bagian yang kecil.

2. Menggunakan case tambahan

Banyak orang yang beranggapan bahwa memakai hard case atau soft case akan mengurangi kenyamanan Anda saat memegang smartphone. Padahal, case ini sangat berguna untuk menjaga smartphone Anda dari benturan. Ketika smartphone Anda membentur sesuatu, case akan menjaga agar tidak langsung mengenai komponen yang mudah rusak.

Anda juga bisa memilih banyak varian case yang menurut Anda nyaman. Jika Anda tidak suka dengan desain-desain case yang banyak beredar di pasaran, Anda bisa menggunakan case polos untuk smartphone Anda.

3. Menggunakan screen protector untuk layar

Layar merupakan salah satu komponen smartphone yang cukup rentan terkena goresan. Meskipun beberapa smartphone saat ini sudah menggunakan teknologi gorilla glass atau tempered glass, tidak ada salahnya jika Anda tetap memberikan screen protector tambahan.

Terlebih jika Anda adalah orang yang sering menyimpan smartphone Anda dalam tas yang dipenuhi dengan barang-barang lain atau benda-benda tajam yang beresiko menggores layar smartphone Anda. Jika Anda telah menggunakan screen protector, ketika layar Anda tergores Anda hanya perlu mengganti screen protectornya saja.

4. Menyimpan charger dan headset dengan rapi

Bukan hanya smartphone-nya saja yang perlu Anda jaga dan perhatikan, namun juga komponen atau peralatan pendukung smartphone tersebut, misalnya headset atau charger. Kedua benda ini sangat penting untuk smartphone sehingga Anda juga harus merawatnya dengan baik. 

Kabel-kabel charger atau headset merupakan kabel yang cukup lunak sehingga mudah sekali patah atau putus. Maka, Anda harus menyimpannya dengan cara yang baik. Jangan terlalu sering menyimpan atau membawa charger dan headset dengan posisi kabel tertekuk. 

Kabel-kabel yang terlalu sering tertekuk ini akan membuat kulit kabel mengelupas serta membuat serat-serat kabelnya terputus. Jika seratnya sudah putus, maka charger dan headset tersebut tidak akan bisa bekerja optimal lagi. Jadi, simpanlah charger dan headset dengan baik, begitu pula ketika Anda membawanya atau menggunakannya. 

Itulah beberapa cara yang perlu Anda perhatikan agar smartphone bisa awet dan tidak mudah rusak. Menjaga smartphone adalah hal yang penting untuk Anda lakukan, terlebih jika smartphone yang Anda miliki adalah smartphone seperti iPhone 11 yang tentunya menjadi smartphone kesayangan Anda.

Post a Comment

Previous Post Next Post