Hobi-Bermain-Bulu-Tangkis?-5-Peralatan-Berikut-ini-Perlu-Anda-Persiapkan
Banyak orang menggemari olahraga bulu tangkis atau sering disebut dengan istilah badminton. Selain seru dan menyenangkan, olahraga yang satu ini termasuk murah. Badminton bisa dimainkan oleh berbagai kalangan usia, mulai dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa, baik permainan tunggal maupun ganda. Jika tertarik mencoba olahraga ini, minimal Anda membutuhkan kok dan raket. Apabila Anda seorang atlet atau menginginkan raket dengan kualitas bagus, Flypower El Nino bisa menjadi alternatif.

Turnamen bulu tangkis telah banyak diadakan di Indonesia, mulai dari tingkat regional hingga mancanegara. Hal tersebut menjadi salah satu bukti bahwa negara Indonesia memiliki segudang pemain badminton profesional.

Perlengkapan dan Aksesoris Olahraga Bulu Tangkis

Sama seperti olahraga lainnya, bulu tangkis memerlukan beberapa perlengkapan dan aksesoris guna menunjang permainan. Berikut ini adalah peralatan yang sebaiknya Anda persiapkan saat ingin melakukan olahraga badminton.

1. Shuttlecock (Kok)

Kok atau shuttlecock menjadi perlengkapan yang tidak dapat dilepaskan dari olahraga bulu tangkis, karena benda inilah yang menjadi ciri khas olahraga satu ini. Secara umum, kok terbuat dari bulu angsa yang dibuat oleh pabrik. Benda kecil ini memiliki berat sekitar 5,67 gram, sesuai standar IBF. Bulu-bulu angsa berjumlah 14-16 tersebut akan menancap pada gabus yang dilapisi kulit putih.bulu-bulu angsa yang menancap secara rapi ini diikat menggunakan dua buah tali yang melingkar.
Secara umum, panjang kok saat diukur dari ujung kepala hingga ke ujung daun bulu mencapai 8,8 cm. Rincian dari panjang tersebut adalah 6,5 cm untuk panjang batang daun dan 2,3 cm untuk panjang kepala.

2. Raket

Selain kok, raket menjadi peralatan vital yang harus ada pada permainan bulu tangkis, karena memiliki fungsi sebagai pemukul shuttlecock. Di era sekarang, raket memiliki pilihan yang beragam dengan jenis bervariasi. Raket secara umum terbuat dari bahan aluminium, grafit, dan karbon, yang memiliki keunggulan masing-masing. 

Jenis bahan tersebut mempengaruhi harga sebuah raket, mulai dari yang terjangkau hingga mahal. Untuk mendapatkan raket dengan kualitas bagus dan nyaman digunakan, ada beberapa pilihan di pasaran, salah satunya Flypower El Nino.

3. Lapangan

Bulu tangkis termasuk olahraga yang membutuhkan ruang cukup luas, maka lapangan dibutuhkan untuk menunjang permainan. Meskipun Anda dapat bermain pada tempat ala kadarnya, bermain di lapangan khusus bulu tangkis tentu akan lebih nyaman. Pada umumnya, lapangan bulu tangkis memiliki ukuran standar panjang 13,40 m dengan lebar 6,10 m.

4. Net

Saat ingin merasakan permainan professional meskipun hanya bermain di ruang terbuka, bukan lapangan, Anda dapat menggunakan net. Net yang berada di tengah-tengah berfungsi sebagai pembatas antarpemain. Net yang berbentuk seperti jaring ini memiliki tinggi kurang lebih 155 cm. menggunakan net dalam permainan membuat para pemain bermain lebih serius, karena pelambungan kok harus lebih tinggi daripada net agar tidak tersangkut.

5. Dekker

Dekker atau alat pelindung tidaklah wajib harus ada saat Anda bermain bulu tangkis. Tetapi untuk para pemain bulu tangkis professional, dekker menjadi aksesoris penting karena dapat melindungi dari cedera. Olahraga badminton memang penuh dengan kegiatan melompat, berlari, hingga menjatuhkan diri guna mengembalikan kok. Dekker memiliki bentuk bervariasi, mulai dari pelindung tangan hingga kaki.

Itulah lima peralatan dan aksesoris yang Anda butuhkan saat bermain bulu tangkis. Bagi para atlet, memakai peralatan berkualitas dan nyaman menjadi sangat penting. Maka tidak heran jika banyak para atlet memilih Flypower El Nino sebagai raketnya. Selain mempersiapkan benda-benda tersebut, tentu saja Anda perlu juga memahami teknik bermain badminton secara baik. Dengan demikian, meskipun tidak sedang dalam kompetisi, permainan akan tetap menyenangkan.

Post a Comment

Previous Post Next Post