Sumbergambar :tolakangin.co.id

Penyakit celiac
adalah penyakit suatu kelainan pada saluran pencernaan yang sensitive terhadap makanan berbahan dasar gluten . kelainan ini akan terjadi secara jangka waktu yang cukup lama atau bisa disebut kronis. Penyakit ini juga bia diturunkan atau dikaitkan dengan masalah genetis atau bisa diturunkan kepada anaka anak serta keturunannya . penyakit celiac ini terjadi ketika seseorang menghasilkan suatu antibody atau autoantibodi yang dapat justru malah menghambat tubuh untuk mencerna protein dalam gluten . dilansir dari hello sehat biasanya penyakit celiac ini akan ditandai oleh gejala umum seperti , perut terasa kembung dan nyeri , diare , muntah , kotoran atau feses berwarna pucat , berbau tidak sedap dan berlemah , penurunan berat badan serta mengalami sembelit atau konstipasi . namun tahukah kamu bahwa gejala penyakit celiac dapat muncul lalu menghilang bahkan gejala yang ringan hingga berat .

Gejala pada penyakit celiac yang ringan seringkali memang tidak Nampak jelas mesti demikiran saat gejala ringan terdeteksi saat kalian melakukan pemeriksaan . dokter akan menyarankan pengobatan mengingat komlikasi akan tetapi terjadi . komplikasi yang bagaimana ? komplikasi yang dapat menyerang bagian tubuh lainnya seperti dilansir dari hellosehat dampak dampak yang akan ditimbulkan jika seseorang tidak mendapatkan penanganan terkait penyakit celiac., antara lain . Depresi , akibat kurangnya penyerapan vitamin B6 dan triptofan karena ada masalah pada usus . menyebabkan kondisi psilkologis nya berdampak karena penyakit celiac . Kekurangan vitamin dan mineral , gangguan penyerapan berbagai macam vitamin dan mineral serta nantinya akan menyebabkan penyakit lannya bermunculan seperti anemia dan osteoporosis . Intoleransi laktosa , Laktosa adalah salah satu yang ada jenis prosuk susu . diperkirakan 24 % orang akan terkena penyakit celiac bila mengonsumsi intoleransi laktosa secara berlebihan .

Osteoporosis , gangguan pada usus seseorang menyebabjan gangguan penyerapan kalsium yang berdampak sehingga menyebabkan osteoporosis . bahkan lebih bahaya lagi karena bisa saja terjadi pada prang yan lebih muda . Anemia akibat kurang besi , Seseorang akan mengalami gangguan pembagian oksigen ke bagian tubuh lain diperkirakan 33% penderita atau satu dari tiga penderita celiac mengakami anema itu karena tubuh kekurangan darah akibat kegagalan penyerapan zat besi . gejala paling umum yang dirasakan penderita adalah diare Karena penyakit celiac ini menyebabkan ketidakmampuan sistem pencernaan menyerap nutrisi dari makanan secara sempurna . 

Ketidakmampuan tubuh inilah yang membuat tinja mengandung lemak yang tinggi dan kotoan yang dikeluarkan penderita penyakit celiax akan berbau tidak sedap , berminyak dan berbusa . pada pada penderita orang dewasa  pun yang terkena penyakit celiac akan muncul gejala gejala lain dilansir dari alodokter , seperti : sulit hamil , mengalami gangguan fungsi limpa , gangguan keseimbangan tubuh , gangguan fungsi limpa , nyeri sendi , anemia atau akibat dari kekurangan zat besi atau vitamin B12 , kesemutan atau mati rasa pada ujung jari tangan dan kaki atau yang disebut neuropati perifer . pembengkakan pada tangan , telapak kaki , lengan serta tungkai akibat terjadinya penumpukan cairan di jaringan tubuh , ruam pada kulut terasa gatal dan lecet , rusaknya lapisan gigi dan rusaknya kepadatan tulang yang terjadi pada tubuh kita .

Post a Comment

Previous Post Next Post