Tidak seperti buah-buahan biasanya, alpukat benar-benar kaya lemak hingga bisa diproses jadi minyak. Minyak alpukat sering digunakan untuk kesehatan kulit, mata, sendi, dan pengobatan cedera. Lihat semua faedah itu, apa minyak alpukat sehatkan jika dipakai untuk memasak?

Seperti apa minyak yang sehatkan untuk memasak? Badan membutuhkan lemak, serta minyak salah satu sumber lemak yang tertinggi. Tetapi, tidak semua type minyak baik buat badan. Supaya konsumsi lemak memberi faedah, Anda butuh mengkonsumsinya dari sumber yang pas.

Lemak terdiri atas tiga type, yaitu lemak tidak jemu, lemak jemu, serta lemak trans. Lemak tidak jemu terdiri jadi dua, yaitu lemak tidak jemu rantai tunggal (monounsaturated fatty acid/MUFA) serta lemak tidak jemu rantai ganda (polyunsaturated fatty acid/PUFA).

MUFA serta PUFA ialah kandungan yang membuat satu sumber lemak jadi sehatkan. Masalahnya keduanya bisa turunkan jumlahnya cholesterol jahat pada tubuh, menahan pembentukan plak, dan membuat perlindungan jantung dari penyakit.

MUFA serta PUFA banyak diketemukan pada minyak nabati nontropis, seperti minyak kanola, minyak jagung, serta minyak zaitun. Sebaliknya, minyak kelapa, minyak palem, serta minyak dari sumber hewani lebih banyak terkandung lemak jemu.

Apa minyak alpukat sehatkan untuk memasak? Minyak alpukat mungkin tidak setenar minyak nabati yang lain. Walau sebenarnya, minyak alpukat benar-benar kaya lemak sehatkan dari type yang bermacam. Minyak ini memiliki kandungan beberapa senyawa anti-oksidan yang tidak kalah berguna.

Satu sendok makan minyak alpukat mempunyai daya sekitar 124 kalori. Kandungan lemak totalnya ialah sebesar 14 gr, atau sama dengan 21 % keperluan lemak dalam satu hari.

Lemak keseluruhan itu terbagi dalam 10 gr MUFA, 2 gr PUFA, serta 1,6 gr lemak jemu. Kandungan lemak jemu dalam minyak alpukat benar-benar kecil bila dibanding dengan MUFA serta PUFA hingga lebih sehatkan bila dipakai untuk memasak.

Karena sangat tingginya kandungan MUFA dalam minyak alpukat, prosentase asam lemak ini sampai 70 % dari keseluruhan semua nutrisi yang ada dalam minyak itu. Selain itu, 30 % bekasnya terbagi dalam PUFA, lemak jemu, anti-oksidan, serta natrium dalam jumlahnya kecil.

Apa ada kekurangan dari konsumsi minyak alpukat?

Minyak alpukat mempunyai keunggulan dalam prosentase MUFA dibanding beberapa minyak semacamnya. Minyak yang diproses langsung dari daging buah alpukat ini tidak memiliki kandungan cholesterol hingga baik buat kesehatan jantung.

Meskipun begitu, kandungan nutrisi minyak alpukat benar-benar berlainan dengan buah alpukat utuh. Buah alpukat benar-benar kaya serat, vitamin, serta mineral. Diluar itu, Anda dapat juga mendapatkan karbohidrat serta protein dalam jumlahnya kecil.

Minyak alpukat yang Anda pakai untuk memasak tidak memiliki kandungan beberapa nutrisi itu. Harga minyak alpukat juga biasanya tambah mahal dibanding minyak semacamnya sebab proses produksinya lebih susah.

Tetapi, kekurangan itu benar-benar tidak kurangi faedah yang akan Anda dapatkan dari konsumsi minyak alpukat. Kandungan lemaknya sangat sehatkan hingga sayang bila ditinggalkan.

Anda bisa mendapatkan faedah minyak alpukat dengan menyertakannya dalam menu makan harian atau mingguan. Contohnya dengan mencampurkannya ke salad serta sup, membuat jadi mayones, atau mengoleskanya pada daging panggang.

Post a Comment

Previous Post Next Post