6-Cara-Memulai-Bisnis-Dropship-Buat-Kamu-yang-Ingin-Punya-Usaha-Sampingan-Tanpa-Modal
Menjadi dropshipper memungkinkan kamu memiliki usaha toko online tanpa harus diribetkan dengan segala proses yang mengiringinya, seperti stok barang, packing, dan kirim barang. Kamu hanya terima jadi dan biarkan supplier yang mengerjakan semuanya. Kabar baiknya lagi, usaha sampingan ini bisa kamu lakukan tanpa modal.

Kamu hanya perlu mengunggah foto-foto produk yang akan kamu jual. Jika ada pesanan, kamu tinggal meneruskannya kepada supplier untuk mengurus pengemasan dan pengiriman. Konsumen akan membayar sesuai dengan harga yang kamu pasang. Uang yang dibayarkan oleh konsumen ini bisa langsung kamu teruskan kepada supplier sehingga kamu tidak butuh modal. Mudah, kan?

Memulai Usaha Dengan Menjadi Dropshipper
Nah, buat kamu yang tertarik menjalani usaha ini, berikut ini adalah cara untuk memulai bisnis dropship sebagai usaha sampingan.
  1. Pilih produk
Yang pertama adalah memilih produk yang akan kamu jual. Ada banyak barang yang bisa kamu jual secara online, mulai dari pakaian, perabot rumah tangga, gadget, hingga otomotif. Kalau bingung memilih, kamu bisa memilih produk yang paling laku di pasaran.
Berbicara soal memilih produk berarti juga berbicara tentang menentukan segmentasi pasar. Ketika kamu memilih produk, kamu juga perlu menentukan konsumen yang menjadi sasaranmu. Misal, kamu ingin berjualan pakaian wanita. Nah, kamu perlu menentukan kriterianya secara spesifik, seperti umur, pekerjaan, dan status sosial.
  1. Pilih partner bisnis yang tepat
Yang kedua adalah memilih partner bisnis yang tepat. Bisnis dropship itu tentang supplier. Salah pilih supplier bisa berantakan di semua hal karena usaha sampingan ini sangat bergantung kepada supplier. Untuk itu, kamu perlu memilihnya dengan hati-hati.
Biasanya, supplier besar sudah memiliki mekanisme kerja sama dengan para partnernya. Pelajari mekanisme kerja sama tersebut. Jika ada hal-hal yang tidak sesuai, kamu bisa mengajukan perubahan. Yang penting, perubahan yang kamu ajukan bisa menguntungkan kedua belah pihak. Jangan hanya menguntungkan dari sisi kamu saja.
  1. Lakukan riset kepada kompetitor
Yang ketiga, lakukan riset kepada kompetitor. Ada banyak toko online lain yang menjual barang serupa bahkan mengambil barang dari supplier yang sama. Pelajari strategi yang mereka jalankan untuk menarik konsumen. Kemudian, tambahkan nilai jual yang lebih unik dari yang sudah ada. Dengan begini, konsumen akan datang meskipun mungkin harga produk kamu lebih mahal dari kompetitor.
  1. Ketahui cara kerja marketplace
Yang keempat, ketahui cara kerja marketplace. Cari tahu bagaimana memaksimalkan penggunaan marketplace. Tidak sedikit orang yang mau berbagi tentang hal yang mereka ketahui tentang marketplace ini. Mereka pun biasanya adalah pemain lama usaha dropshipper dengan omset ratusan juta setiap bulannya.
Kamu bisa menimba ilmu dengan mereka atau bisa juga menemukan tulisan mereka secara cuma-cuma di laman media sosial. Tidak harus berjualan di marketplace. Kamu juga bisa masuk ke situs-situs social commerce Indonesia untuk memasarkan barang yang kamu jual.
  1. Jangan lupa branding
Yang kelima, jangan lupa branding. Dropship sebagai usaha sampingan juga perlu branding. Jangan mau kalah dengan kompetitor dan supplier yang juga menjual barang yang sama. Pelajari hal-hal yang dibutuhkan terkait branding. Tanpa branding yang kuat, toko online kamu Cuma jadi penghibur semata.
Selain branding, jangan lupa juga adakan promosi. Berikan cashback, potongan harga, atau gratis ongkos kirim. Promo ini sudah terbukti mampu menarik konsumen untuk datang dan beli dari toko kamu.
  1. Lakukan evaluasi
Yang terakhir, setelah semua usaha yang yang kamu lakukan, jangan lupa evaluasi kinerja selama ini. Lakukan evaluasi secara keseluruhan, mulai dari supplier, cara branding, promosi, hingga keuntungan yang didapat. Jangan gengsi untuk melakukan pembenahan jika memang diperlukan daripada usaha dropship kamu hanya jalan di tempat.

Evaluasi tidak hanya berlaku ketika usaha kamu jalan di tempat, tapi juga ketika usaha kamu mulai berkembang dengan pesat. Lakukan evaluasi untuk mengetahui kunci dari kesuksesan tersebut dan bagaimana cara mempertahankannya.

Itulah 6 cara memulai bisnis dropship bagi kamu yang ingin memiliki usaha sampingan tanpa modal. Bisnis dropship ini memang sangat menggiurkan. Omset per bulannya bisa mencapai ratusan juta. Tidak heran jika banyak orang yang tertarik melakukan hal yang sama. Makanya, jangan tunggu besok untuk mulai usaha ini.

Post a Comment

Previous Post Next Post