Dapat disebut sampai akhir Q4 2018 ini keadaan usaha property di tanah air belum tunjukkan peringatan positif.

Rumor depresiasi nilai rupiah pada dolar dan tahun politik diduga jadi salah satunya unsur kenapa usaha property belum menggeliat khususnya untuk di kelas atas.

Berdasar catatan Bank Indonesia pada kuartal II 2018 mengatakan penjualan property residensial tertera -0,08% atau lebih rendah bila dibanding dengan kuartal awalnya yang sampai 10,55% .

Penurunan penjualan berlangsung pada rumah type sedang serta type besar, sesaat untuk rumah dengan type kecil keinginan bertambah.

Menurut Xanrena A. Siregar, Business Development Manajer Operations PropertyPro (satu kantor agen property berbasiskan digital), mendekati pemilihan presiden ini membuat sedikit menanggu penjualan property untuk di fragmen kelas atas pada harga di atas Rp 1 miliar.

Tetapi tak perlu cemas, buat Anda yang sekarang profesinya jadi broker property, Xanrena mempunyai panduan menarik bagaimana jadi broker andal ditengah-tengah keadaan kritis.

Posisikan Diri Jadi Konsultan Property
Satu orang broker property dituntut harus profesional, tidak cuma untuk penghubung di antara penjual serta konsumen, tetapi lebih dari itu mereka harus .dapat jadi konsultan property pada clientnya, dianya harus dapat menerangkan pada konsumen property mengenai analisis investasi property dari mulai besaran capital gain atau yield yang dapat didapat satu orang klien.

Tidak itu saja, satu orang broker harus juga tahu sangkut-paut mengenai otoritas property, seperti bagaimanakah cara mengatur balik nama sertifikat tanah, membuat AJB dan sebagainya.

“Seorang broker harus juga jadi konsultan buat clientnya, jika telah demikian nanti klien bisa menjadi benar-benar nyaman dengan broker itu, hingga dia akan tetap diperlukan,” kata Xanrena.

Tawarkan Harga yang Sesuai kenyataan
Spesial untuk property secondary satu orang broker harus juga pandai memberi input pada klien untuk memastikan harga property yang ditawarkan, jangan pernah begitu mahal atau murah, tetapkan berdasar harga market di seputar tempat.

“Sebenarnya ketertarikan untuk beli property ada banyak, tapi pasar masih wait and see lihat perubahan ekonomi, jadi jika mereka dipancing pada harga dibawah rata-rata pasti tertarik,” tutur Xanrena.

Konsentrasi
Konsentrasi jadi salah satunya kunci penting keberhasilan broker property, karena itu Xanrena merekomendasikan satu orang broker supaya bisa konsentrasi jalankan profesinya. Jangan pernah pekerjaan ini jadikan karier sampingan.

Masuk dengan Kantor Agent
Ini sangat penting, sebab dengan masuk dengan asosiasi broker akan memperoleh keuntungan. Misalnya seperti memperoleh info paling baru sekitar industri property, link baru, atau ikuti beberapa kursus broker.

Memakai Portal Property
Salah satunya instrumen penting berjualan property ialah memakai layanan portal property. Menurut Xanrena, jual property memakai media online sekarang dipandang benar-benar efisien, pasalnya pemakai internet di Indonesia saat ini telah banyak sekali, ditambah lagi jangkauan internet dipandang benar-benar luas berlainan dengan karakter media massa yang penyebarannya benar-benar terbatas.

Post a Comment

Previous Post Next Post