Tidur siang bukan alternatif tidur malam yang kurang. Walaupun demikian, tidur siang memang dapat isi kembali daya serta konsentrasi yang mulai redup di siang hari.

Terdapat beberapa riset yang mengaitkan jika tidur siang ialah pekerjaan yang banyak manfaat. Dari mulai tingkatkan perfoma, kesiagaan, konsentrasi, dan penilaian.

Tubuh antariksa Amerika Serikat (NASA) serta tertarik juga untuk mempelajari faedah tidur siang. Team ilmuwan mereka selanjutnya lakukan riset pada astronot. Tersingkap, tidur siang sepanjang 25 menit dapat tingkatkan kesiagaan sampai 16% serta ketepatan ketetapan sampai 35%.

Waktu kita tidur siang sesaat, sisi otak yang tetap aktif sepanjang kita terbangun akan beristirahat. Seperti dalam otot yang capek kembali diperbaharui waktu istirahat, begitupun otak kita.

Beberapa studi mengatakan tidur siang yang efisien ialah yang berdurasi 10 menit, tetapi sebagian besar mengatakan jika tidur siang kurang dari 30 menit direferensikan.

Sebaliknya, tidur siang lebih dari 30 menit malah kontraproduktif. Ini sebab tidur siang yang kelamaan dapat membuat kita malah merasakan pusing serta lesu waktu bangun.

Beberapa pakar menyebutkan keadaan itu jadi "sleep inertia" yang berlangsung waktu kita terjaga ditengah-tengah siklus tidur dalam. Rasa capek serta pusing adalah langkah badan untuk minta kita tidur menyelesaikan siklus tidur.

Tidur dalam pada umumnya belum berlangsung sepanjang 30 menit kita tidur. Itu penyebabnya beberapa pakar mereferensikan tidur siang semestinya tidak lebih dari 1/2 jam. Tidur siang yang kelamaan dapat juga mengganggu tidur malam.

Post a Comment

Previous Post Next Post