Apakah itu Mobile Commerce? Sebelum kita bicara lebih jauh, yang perlu kita sadari ialah bersamaan bergantinya jaman, tehnologi juga semakin berkembang dengan benar-benar cepat. Sekarang, semua keringanan bisa ada untuk kita dari piranti yang serta memiliki ukuran lebih kecil dari remote tv di dalam rumah. Perubahan tehnologi ini juga selanjutnya menimbulkan beberapa jenis tren, diantaranya ialah M-Commerce atau mobile commerce.

Bila awalnya Anda pernah dengar mengenai e-commerce atau electronic commerce, mobile commerce kira-kira mempunyai ide yang sama. Namun, bila e-commerce bisa dikerjakan melalui beberapa jenis piranti elektronik, mobile commerce cuma fokus untuk memberi keringanan melalui piranti elektronik mobile atau gadget, seperti smartphone atau tablet.

Trend mobile commerce ini berkembang dengan benar-benar cepat serta dapat dibuktikan benar-benar efisien untuk usaha. Berikut beberapa fakta kenapa sekarang mobile commerce jadi penting serta kenapa semua perusahaan usaha online semestinya ikuti trend baru ini.

1. Smartphone Masa
Karena perkembangan tehnologi, Anda tentu sekarang sudah akrab dengan piranti bernama smartphone. Hp pandai ini sudah jadi trend terbesar dalam beberapa waktu paling akhir ini. Berdasar laporan Internet Trends 2014, pemakai smartphone sudah bertambah cepat sepanjang beberapa waktu akhir-akhir ini. Serta, lebih dari 30% pemakai hp di dunia ialah pemakai smartphone serta persentasenya terus bertambah sampai sekarang. Diluar itu, 15 % dari pemakai hp pandai lakukan pekerjaan berbelanja yang paling umum setiap bulannya dari smartphone mereka, yaitu mempelajari produk serta memperbandingkan harga. Ini selanjutnya tunjukkan jika m-commerce mempunyai kekuatan yang besar sekali di pasar dunia hingga jadi kesempatan yang besar sekali juga buat banyak perusahaan untuk berkembang.

2. Mobile versus Desktop
Bila trend e-commerce sudah jadi kejadian baru beberapa waktu terakhir, sekarang dunia sudah mulai berubah ke trend m-commerce. Keperluan akan akses akan belanja jadi lebih besar, hingga m-commerce ada jadi jawabannya. Bila dibanding dari sisi keringanan akses, piranti mobile seperti smartphone atau tablet tentunya menaklukkan laptop atau PC, mengingat ukuran ke-2 type piranti yang jauh berlainan. Adanya smartphone, akses untuk belanja melalui internet akan jauh makin gampang serta besar, sebab sekarang mereka bisa mengerjakannya dimanapun serta setiap saat tak perlu sediakan ruangan spesial. Ditambah lagi, efisiensi waktu yang jadi keperluan besar di jaman ini bisa disiapkan oleh m-commerce, sebab Anda tak perlu menanti waktu tersendiri untuk memakai laptop atau PC lebih dulu untuk terhubung web tersendiri.

3. Serba Mobile
Sekarang, segala hal dapat Anda kerjakan melalui smartphone hebat Anda. Contohnya saja, proses belanja yang dahulunya mewajibkan Anda untuk pergi ke toko, berjalan memilih-milih pakaian, serta membayar pakaian di kasir, sekarang bisa Anda kerjakan semua melalui smartphone di dalam rumah sekalian santai. Masyarakat dunia yang sudah kenal smartphone sudah kenal keringanan, hingga sekarang keringanan dari piranti mobile sudah jadi satu keperluan. Alangkah besar kesempatan buat satu perusahaan untuk berkembang bila dapat sediakan sarana keringanan ini buat pelanggannya, sebab prosedurnya gampang serta bisa dikerjakan dari smartphone saja.

4. Menaklukkan Pesaing
Sayangnya, meskipun kekuatan dari trend m-commerce telah kelihatan benar-benar jelas, ada banyak perusahaan yang belum sediakan sarana m-commerce atau halaman web yang mobile-friendly. Pada banyak masalah, ini selanjutnya jadi nilai minus di mata konsumen setia. Seperti yang telah diulas awalnya, keringanan sekarang sudah jadi keperluan buat masyarakat di dunia. Konsumen setia akan gampangnya pilih tidak untuk beli produk atau memakai layanan Anda waktu mereka tidak mempunyai akses dari piranti smartphone atau tablet mereka. Karena itu, berubah ke m-commerce atau sediakan halaman web yang mobile-friendly bisa menjadi nilai plus untuk perusahaan Anda hingga bisa menaklukkan beberapa pesaing Anda yang sayangnya belum sediakan sarana itu. Salah satunya perusahaan yang sudah mengeluarkan halaman web yang mobile-friendly ialah Kaskus. Diluncurkannya halaman web yang mobile-friendly sangat mungkin beberapa pemakai Kaskus untuk lebih cepat dan mudah terhubung web itu.

5. Persepsi pada Perusahaan
Jangan salah, tersedianya sarana mobile bukan hanya akan tingkatkan penjualan atau menarik makin banyak customer. Terdapatnya sarana mobile dari satu perusahaan bisa mengubah persepsi mengenai perusahaan di mata pelanggannya. Menurut satu riset, tidak mempunyai halaman web yang mobile-friendly bisa mengakibatkan kerusakan penilaian konsumen setia pada satu perusahaan. Menurut 52 % pemakai smartphone, pengalaman mobile yang jelek dari satu perusahaan membuat mereka merasakan kurang tersambung dengan perusahaan itu. Selain itu, 48 % pemakai smartphone memandang satu perusahaan tidak memperdulikan bisnisnya bila tidak mempunyai web yang mobile-friendly. Satu riset lain tunjukkan jika pengalaman mobile yang baik dari satu perusahaan bisa melakukan perbaikan persepsi satu perusahaan atau merek sampai 61 % dari pelanggannya.

Post a Comment

Previous Post Next Post