Bagaimana akhir minggu Anda selama ini? Sudahkah Anda lakukan pekerjaan yang produktif? Atau Anda malah bermalas-malasan di dalam rumah sepanjang hari?

Bila jawabannya yang ke-2, Anda harus waspada. Karena, riset tunjukkan jika pergantian pola hidup jadi lebih jelek di akhir minggu dapat mengakibatkan kualitas tidur alami penurunan serta berat tubuh makin bertambah.

Dibanding bermalas-malasan, lakukan empat pekerjaan di bawah ini untuk akhir minggu yang lebih sehat:

1. Bangun seperti hari kerja

Di akhir minggu, Anda mungkin tidak mau lakukan apa pun tidak hanya meringkuk di kasur lebih lama. Tetapi, ini bukanlah langkah paling baik untuk gantikan minimnya tidur di hari-hari awalnya.

Menurut, National Sleep Foundation (NFS), tidur lama diakhir minggu dapat membuat jadwal tidur Anda terusik. Mengakibatkan, Anda dapat jadi susah tertidur pada saat umumnya, atau bangun pagi untuk pergi kerja.

Itu penyebabnya Anda tetap harus jaga jadwal tidur serta bangun pada saat umumnya. Kalaulah Anda betul-betul ingin molor di akhir minggu, jangan molor lebih dari satu jam, pendapat NFS.

Baca : Misteri badan manusia: 8 fakta mengapa Anda punyai dagu berlipat

2. Olahraga

Menurut studi paling baru, bila pada hari-hari biasa Anda begitu repot kerja sampai tidak sempat untuk olahraga; Anda dapat olahraga di akhir minggu, serta masih dapat memperoleh faedah yang sama dengan beberapa orang yang olahraga tiap hari.

Dalam uji coba, beberapa periset pelajari beberapa weekend warriors yang memaksa diri lakukan olahraga sekali atau 2x dalam satu minggu. Beberapa periset temukan jika dalam sembilan tahun periode eksperimen, orang yang olahraga di akhir minggu mempunyai tingkat hidup yang 30% lebih baik dibanding yang tidak olahraga benar-benar.

Kegiatan fisik yang direferensikan dalam satu minggu memang sekurang-kurangnya 150 menit pergerakan olahraga intensif sedang, atau 75 menit untuk kegiatan olahraga berat.

Tetapi, beberapa orang yang tidak teratur olahraga tiap hari, tapi lakukan latihan olahraga satu atau 2x satu minggu masih mempunyai efek yang lebih rendah untuk wafat cepat dibanding dengan yang tidak lakukan latihan olahraga benar-benar.

3. Bersosialisasi

Hasil riset yang dikerjakan beberapa pakar psikologi di Jerman tahun 2005 mengatakan jika bergabung atau berjumpa dengan rekan di akhir minggu baik untuk kesehatan serta menolong Anda kerja lebih baik di hari biasa.

Riset itu dikerjakan pada 87 pekerja kesehatan Instalasi Genting Genting yang perlu sigap waktu ada pasien genting yang memerlukan pertolongan. Mereka ditanyai beberapa hal tentang kegiatan akhir minggu, kesehatan dan perform kerja mereka sesudah selesai minggu.

Baca : Duduk kelamaan tingkatkan efek terserang kanker & serangan jantung

Hasilnya tunjukkan jika orang yang terjebak dalam kegiatan sosial sepanjang akhir minggu, mempunyai keadaan kesehatan yang lebih baik, dibanding dengan yang tidak beraktivitas sosial apa pun.

4. Lihat kalori anda

Beberapa riset temukan jika orang Amerika makan makin banyak di akhir minggu, serta kesukaan ini membuahkan menambahnya berat tubuh. Hal sama mungkin saja berlaku di Indonesia.

Dalam satu uji coba program hilangkan berat tubuh, 50 orang dewasa di Amerika Serikat ditimbang tiap hari sepanjang 2-4 minggu, selanjutnya mereka meneruskan untuk menimbang sendiri sepanjang satu tahun. Beberapa periset terus mencari makanan mereka, hingga dapat memprediksi kalori yang masuk.

Hasilnya, sebelum mereka mengawali program itu, beberapa peserta banyak konsumsi makanan di hari Sabtu. Mereka konsumsi hampir 240 kalori makin banyak pada Sabtu, dibanding dengan hari-hari kerja.

Mengakibatkan, berat tubuh mereka juga rata-rata makin bertambah 0,06 kg di akhir minggu dibanding hari umumnya. Sepanjang program berjalan, berat tubuh mereka belum pernah turun di akhir minggu.

Post a Comment

Previous Post Next Post