Cukup banyak orang memandang jika diabetes ialah penyakit yang banyak dirasakan oleh lanjut usia. Walau sebenarnya, umur pasien diabetes makin hari makin berubah ke umur muda.

Berdasar data International Diabetes Federation (IDF) 2017, sepertiga pasien prediabetes di dunia sekarang berumur 20-39 tahun. Prediabetes ialah keadaan dimana orang yang mempunyai kandungan gula darah melewati batas normal, tetapi belum terhitung diabetes.

Keadaan ini benar-benar beresiko tinggi terserang diabetes di masa datang bila tidak mengubah pola hidup. Bila tidak dihindari dengan awal, angka diabetes selalu bertambah dari 10,3 juta jiwa pada 2017 jadi 16,7 juta jiwa pada 2045.

Mengenai 90% dari keseluruhan masalah diabetes di dunia adalah diabetes type 2 atau diabetes yang dikuasai oleh pola hidup tidak sehat. Tentu saja kita tidak mau menanggung derita diabetes 2 sebab gaya hidup yang tidak sehat.

Beberapa panduan mengaplikasikan gaya hidup sehat dari dr. Bhanu, Sp.PD, B.Med.Sc. dapat kamu aplikasikan.

1. Bawa bekal makanan

Bawa bekal makanan jadi salah satunya langkah yang efisien untuk mengatur apa yang kita makan. Tetapi, semestinya pilih makanan yang sehat. Mengerti keperluan kalori badan serta jauhi makan berlebihan.

Jauhi juga mengonsumsi minuman-minuman berwarna yang biasanya memiliki kandungan gula tinggi. Minuman seperti ini jadi pemicu kegemukan, unsur efek diabetes type 2 yang terbanyak berlangsung.

"Pilih makanan yang baik. Contohnya, martabak bisa saja tetapi ingat jatah (kalori) satu hari jangan melebihi," kata Bhanu.

2. Loyalitas olahraga

Tidak hanya mengaplikasikan gaya hidup sehat, olahraga jadi hal penting yang lain. Pilih olahraga yang kita senang supaya bisa menjalaninya dengan berkelanjutan. Kita dapat juga mengontrol pola olahraga yang menyenangkan buat diri kita.

Bhanu memberikan contoh, loyalitas aktor pertandingan Jackie Chan dalam mengaplikasikan gaya hidup sehat. Jackie sering mengimbagi type serta skema olahraganya dengan apa yang dia mengonsumsi. "Jika makan es cream tambahan satu, bermakna harus lari kira-kira 10 menit. Itu ia punyai hitungannya sendiri," kata Bhanu.

Beberapa orang memandang jalan kaki bisa dipandang seperti olahraga serta dapat membakar kalori. Bhanu memiliki pendapat sebaliknya.

"Jalan kaki banyak bukan kehitung olahraga ya. Olahraga ialah pekerjaan yang ritmik serta berulang-ulang. Jalan jauh tidak terhitung olahraga. Bila makannya kalut masih dapat beer belly (buncit) ," katanya.

3. Mengatur jumlahnya mengonsumsi gula

Untuk mengatur kandungan gula darah pada tubuh, kita harus juga mengatur konsumsi gula. Pola hidup warga sekarang yang suka nongkrong sekalian konsumsi kopi serta bermacam minuman manis memberi angka pasien diabetes.

Bhanu mengatakan, batasi gula optimal 4 sendok makan atau 50 gr sehari-harinya. Juga bisa mengubah gula dengan sweetener sebab memiliki kandungan kalori yang condong lebih rendah.

Supaya lebih aman, mengonsumsi gula semestinya dibatasi 2 sendok makan. Terkecuali pada olahragawan. Mengonsumsi 4 sendok makan satu hari masih dapat ditolerir sebab mereka banyak beraktivitas fisik. "Tetapi jika kerjaannya banyak duduk di muka computer, 4 sendok makan telah terhitung terlalu berlebih," katanya.

Post a Comment

Previous Post Next Post