Jemu dengan masalah susah tidur yang Anda alami? Sebelum berpikir untuk coba obat tidur, coba langkah alami untuk mengundang kantuk. Bukan dengan mengalkulasi domba atau coba makanan tersendiri.

Seperti dikutip dari situs Reader's Digest, obat penyebab tidur alami ini disebutkan cara 4-7-8. kelihatannya memang simpel tetapi tidak ada kelirunya dicoba. Cara ini dibuat oleh beberapa praktisi yoga atawa yogi dari India semenjak beratus-ratus tahun kemarin.

Pertama, duduklah pada tempat yang nyaman dalam tempat tidur Anda. Selanjutnya tarik napas lewat hidung sepanjang empat detik, tahan napas sepanjang tujuh detik, lalu mengeluarkan perlahan lewat mulut sepanjang delapan detik. Hanya itu yang perlu Anda kerjakan.

Bila Anda tidak yakin, pengakuan dokter Andrew Weil dari Kampus Harvard yang sudah mengambil latihan ini kemungkinan memberikan keyakinan Anda.

"Ini ialah cara paling baik yang pernah saya dapatkan untuk kembali tertidur bila Anda ingin," tuturnya dalam satu diskusi.

Beberapa yogi memakai cara ini untuk sampai kondisi rileksasi yang komplet, mencegah depresi serta kekhawatiran. Dengan menyengaja perlambat pernafasan Anda, irama jantung akan melambat, membuat semua badan lebih santai. Dalam kata lain, ini ialah obat penenang alami untuk badan serta pemikiran.

"Teorinya dengan memaksa irama tersendiri pada nafas dengan pergerakan sadar Anda, dengan setahap ini diinduksi ke skema saraf yang dibawah sadar," tuturnya.

"Latihan ini akan efisien jika terus diterapkan tiap hari. Jadi, kedisiplinan lakukan ini sepanjang periode minggu, bulan, tahun akan membuahkan pergantian jadwal tidur yang diharapkan," imbuhnya.

Post a Comment

Previous Post Next Post