Olahraga benar-benar sangat baik untuk jaga kesehatan badan. Ada beberapa type olahraga yang kerja dengan berlainan dalam jaga kesehatan, terhitung turunkan berat tubuh. Tetapi, type olahraga apa yang paling efisien untuk turunkan berat tubuh? Lari yang sekarang jadi olahraga diva nyatanya paling efisien untuk turunkan berat tubuh.

Apa pun cuacanya, kita masih dapat mempraktikan olahraga ini. Dengan tehnik pemulihan yang pas, kita dapat juga mengaplikasikan olahraga ini tiap hari. Perihal ini pula yang membuat olahraga lari tidak cuma efisien untuk menjag kesehatan, dan juga turunkan berat tubuh.

"Anda perlu sepasang sepatu yang wajar, beberapa kreatifitas, serta mungkin satu atau dua rekan untuk meningkatkan gagasan berjalan atau lari," kata Daniel O'Connor, profesor kesehatan serta kapasitas manusia di University of Houston.

Menurut dia, olahraga lari tambah murah dibanding masuk dengan gym atau mengambil pelatih pribadi. Mengelola waktu untuk olahraga memanglah bukan hal yang gampang, mengingat waktu serta kesempatan adalah halangan paling besar yang ditemui orang saat coba jadikan kesehatan jadi prioritas.

“Semua orang punyai urusan dengan agenda penuh serta prioritas yang berkompetisi, hingga sering susah untuk memberikan tambahan suatu hal yang baru ke kegiatan rutin Anda tanpa ada mengganti suatu hal lainnya,” kata O'Connor.

Kita masih butuh mengubah banyak hal untuk jalani sisi yang penting dalam kehidupan Anda tanpa ada mengorbankan kesehatan serta anggaran yang begitu tinggi.

Di lain sisi, lakukan olahraga lari untuk turunkan berat tubuh memanglah bukan hal yang gampang. Ada banyak hal yang perlu kita aplikasikan, supaya tidak berpengaruh jelek pada kesehatan serta memperoleh hasil yang optimal.

Berikut enam hal yang perlu kita lihat waktu lakoni olahraga lari untuk badan baik:

1. Konsumsi makanan Terdapat beberapa faedah olahraga lari — terhitung penurunan berat tubuh — tapi lari bukan fakta untuk meremehkan skema makan kita, khususnya bila kita coba turunkan berat tubuh. Serta, berat tubuh juga dapat makin bertambah tinggi bila kita kebanyakan mempraktikan olahraga lari.

“Kebanyakan orang melebih-lebihkan kalori yang mereka bakar waktu lari,” kata Angela Rubin, pelatih triathlon.

Biasanya, manusia membakar seputar 100 kalori per mil. Jadi, bila kita lari dua atau tiga mil, kita akan membakar seputar 200 sampai 300 kalori. Permasalahannya ialah, beberapa orang konsumsi kalori tambahan jadi "gaji" sebab sudah merasakan membakar banyak kalori saat lari.

Kenyataanya, kita harus membuat defisit kalori keseluruhannya bila ingin turunkan berat tubuh. “Penurunan berat tubuh ialah mengenai membuat tidak seimbangan kalori, dimana Anda memakai sedikit makin banyak kalori dibanding yang Anda mengonsumsi, katakanlah 200 kalori /hari,” kata O'Connor.

Jadi, walau betul-betul normal untuk mengidamkan suatu hal yang manis atau banyak karbohidrat sesudah lari, kita butuh meredam kemauan itu untuk sampai badan baik.

2. Frekwensi lari Beberapa olahragawan terus memaksimalkan gagasan latihan serta taktik untuk tingkatkan peforma mereka, tapi kita tak perlu menirunya bila barusan mengawali kegiatan rutin. “Dalam hal penurunan berat tubuh, mengalihkan serta membakar kalori ialah yang penting,” kata O'Connor.

Bila kita suka pada sprint, yang dapat membakar kalori tambah tinggi tiap menit, karena itu lakukan. Tetapi, bila kita lebih senang berjalan atau jogging lamban, kita perlu habiskan lebih banyaknya waktu untuk membakar kalori.

Analisa dalam Medicine & Science in Sports & Exercise menunjukkan pelari makin banyak turunkan berat tubuh dibanding pejalan kaki sepanjang periode enam tahun sebab dampak afterburn. “Berlari dengan intensif tinggi akan membuahkan afterburn, dimana badan terus membakar kalori walau Anda tidak bergerak,” kata Rubin.

Ia merekomendasikan, untuk mengawalinya dengan jalan kaki sekitar 3x satu minggu dengan waktu 30 menit yang diimbangi dengan lari sepanjang 30 detik sampai 60 detik.

3. Modifikasi Melakukan modifikasi latihan itu penting, sebab membuat kita jadi lebih kuat serta menghindarkan efek cidera. "Lari cuma mempersulit persendian Anda bila Anda tidak mempunyai otot untuk menopangnya,” kata Rubin.

Kita dapat lakukan latihan angkat beban di antara kegiatan rutin lari. Latihan angkat beban menolong turunkan berat tubuh. "Makin banyak massa otot tanpa ada lemak yang Anda punya, makin banyak kalori yang akan Anda bakar waktu istirahat," lebih Rubin.

Makin besar massa otot, makin banyak kalori yang terbakar walau kita tidak beraktivitas apa pun.

4. Teratur lari Analisa dalam Journal of Experimental Biology tunjukkan, lari melepas endocannabinoid, yang dihubungkan dengan kesenangan serta bisa membuat kita ingin kembali mengerjakannya.

Kita perlu mendesak rasa jemu serta malas waktu mengaplikasikan kegiatan rutin ini sampai dapat temukan kenyamanan waktu lari. "Tubuhmu dibikin untuk lari, tapi badan tidak bisa beradaptasi bila kamu belum pernah mengerjakannya," kata Rubin.

Dia merekomendasikan kita untuk lari dengan teratur, minimum 3x satu minggu. Pada sebuah bulan, kita akan berasa nyaman serta suka lakukan olahraga ini.

5. Kerjakan pada pagi hari Lari pada pagi hari benar-benar disarankan, sebab mempunyai segudang faedah. Tidak hanya tidak menganggu pekerjaan kita, lari pada pagi hari membuat kita lebih produktif serta komunikatif. Riset menunjukkan lari bisa pertajam konsentrasi serta ketrampilan berpikir gawat.

Analisa paling baru menunjukkan orang yang olahraga pada pagi hari lebih sukses turunkan berat tubuh dibanding mereka yang olahraga pada malam hari. Dalam studi itu, beberapa periset membagi 48 wanita jadi dua barisan - satu yang lakukan latihan aerobik pada pagi hari sepanjang enam minggu, serta yang lain olahraga pada malam hari.

Periset minta peserta untuk mencatat apa yang mereka makan sepanjang periode itu. Hasilnya, peserta yang olahraga pada pagi hari konsumsi lebih sedikit kalori selama seharian serta selanjutnya kehilangan lebih berat tubuh.

6. Imbangi dengan tidur yang cukup Semua rutinitas baik itu tidak akan datangkan faedah apa pun, bila kita tidak mengimbanginya dengan istirahat yang cukup. Dalam satu studi yang diedarkan oleh jurnal Plos One tahun kemarin, beberapa periset temukan mereka yang kurang tidur condong mempunyai indeks massa badan yang tambah tinggi serta lingkar pinggang yang semakin besar.
Berita baiknya, lari bisa menolong tingkatkan kualitas tidur. Beberapa riset sudah temukan latihan aerobik harian — terutamanya type sedang sampai intensif, seperti kardio, latihan kemampuan, serta yoga — bisa tingkatkan kualitas tidur kita.

Olahraga itu menolong kita menghindarkan resiko kurang tidur seperti penambahan efek penyakit kardiovaskular serta permasalahan metabolisme. Bila kita lari pada malam hari, jangan kerjakan mendekati jam tidur, cukup waktu sebelum tidur supaya suhu badan serta detak jantung lebih rendah, hingga kita dapat tidur lebih pulas.

Post a Comment

Previous Post Next Post